Perusahaan Sewa Bus dan Sektor lainnya Diperuntungkan Oleh Perkembangan Pariwisata

Perusahaan Sewa Bus dan Sektor lainnya Diperuntungkan Oleh Perkembangan Pariwisata

Perusahaan Sewa Bus dan Sektor lainnya Diperuntungkan Oleh Perkembangan Pariwisata

Seiring pergantian zaman dan pesatnya perkembangan teknologi saat ini membuat banyak orang sangat mudah dalam mengakses berbagai sumber informasi seputar destinasi wisata baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Hal tersebut tentu akan sangat membantu kita jika akan bepergian ke obyek wisata khususnya destinasi wisata yang jauh dari tempat tinggal kita. Dengan berbagai informasi tersebut pastinya membuat kita lebih siap dan matang dalam mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan terinci.

Perkembangan sektor pariwisata di Indonesia sudah mulai bergeliat dan tidak kalah dengan pariwisata di luar negeri. Lagipula memang berbagai obyek wisata di dalam negeri juga tidak kalah menarik dan memukau dari obyek wisata yang ditawarkan negara lain.

Di Indonesia sendiri, menyuguhkan banyak destinasi wisata yang sangat komplek dan beragam mulai dari wisata pantai, wisata alam, wisata belanja hingga wisata kuliner.

Melancong di negeri sendiri tentu bisa menghemat uang, tenaga dan waktu kita,sehingga lebih efisien bagi kita dalam menyegarkan kembali tubuh serta pikiran.

Perkembangan pariwisata yang begitu meroket beberapa tahun belakangan ini memiliki dampak positif di berbagai sektor, termasuk di sektor bisnis sewa bus pariwisata seperti yang Busgracias jalankan.

Sekarang ini banyak bermunculan perusahaan di bidang ini sebab permintaan dari masyarakat akan armada tersebut kian melimpah. Sebagian besar masyarakat khususnya para traveller masih melirik bus pariwisata sebagai moda transportasi utama mereka untuk pergi berwisata ke obyek yang bisa dijangkau melalui jalur darat.

Jika diperhatikan memang sejak dulu hingga saat ini bus menjadi moda transportasi andalan sehingga banyak digemari oleh sebagian besar kalangan masyarakat.

Kenapa sebagian besar orang hingga saat ini masih mengidolakannya sebagai ‘partner’ sejati kala berwisata?

Hal ini disebabkan karena biaya sewa bus relatif lebih murah ketimbang menggunakan jenis transportasi lain. Hadir dengan bagasi yang cukup luas, kendaraan ini sanggup menampung semua barang bawaan para penumpang.

Sementara itu mereka yang mengandalkan bus juga dapat ikut meminimalisir kemacetan terutama di jalan-jalan utama perkotaan.

 

Dampak Positif  Perkembangan Pariwisata Bagi PO Bus

Kembali berbicara soal judul dari artikel ini, berikut adalah berbagai dampak positif dari pesatnya pertumbuhan industri pariwisata terhadap perusahaan otobus, antara lain :

  1. Transportasi publik ikut mengalami kemajuan sehingga banyak perusahaan oto bus baik itu skala kecil maupun besar kian subur.

  2. Perusahaan Oto Bus bisa turut serta mengurangi angka pengangguran karena semakin perusahaan itu berkembang tentu sangat membutuhkan tambahan para tenaga profesional, handal dan berpengalaman dibidangnya agar bisa melayani mayarakat dengan baik.

  3. Pendapatan perusahaan jasa bus pariwisata semakin meningkat secara signifikan.

  4. Hadirnya beragam jenis dan tipe armada bus pariwisata terbaru yang lebih modern dan fasilitas premium berguna untuk menarik minat konsumen.

Di sisi lain kondisi ini juga memicu persaingan yang semakin ketat. Dengan begitu persaingan pada bidang jasa penyewaan bus pariwisata akan menuntut para agen untuk menghadirkan kualitas pelayanan dengan standar tinggi.

Lalu kualitas armada bus, dan kualitas para SDM (sumber daya manusia) yang dimiliki oleh perusahaan oto bus pun juga ditingkatkan. Dengan demikian tentu bisa memberikan kepuasan, kenyamanan, keamanan dan keselamatan para penumpang.

Perbaikan mutu tersebut tentu akan semakin merangsang kepercayaan dari masyarakat yang memang sangat membutuhkan moda transportasi tersebut untuk berlibur bersama rombongan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa menggunakan bus pariwisata untuk pergi berlibur memang sangat menyenangkan dan berkesan.

 

Dampak Positif Pariwisata Terhadap Lingkungan

Sementara itu, tak hanya sektor transportasi saja yang diuntungkan atas perkembangan industri pariwisata, tapi lingkungan sekitar obyek wisata juga sangat diuntungkan.

Diantaranya seperti meningkatnya taraf hidup masyarakat tersebut. Alasannya karena mereka punya peluang membuka usaha yang bermanfaat bagi para wisatawan.

Potensi budaya lokal bisa mereka manfaatkan untuk membuat kreativitas  berupa kerajinan tangan khas daerah setempat.

Berikut ini beberapa dampak positif pariwisata terhadap lingkungan yang perlu anda ketahui, antara lain:

  1. Sebuah tempat wisata yang dikelola dengan baik dan sukses berkembang dengan pesat tentu bisa membantu penataan lingkungan sekitar sehingga kualitas hidup bisa lebih baik lagi.

  2. Lingkungan menjadi lebih terjaga, bersih, sehat dan asri tanpa adanya pencemaran yang bisa merugikan daerah tersebut.

  3. Berbagai ekosistem yang terdapat di sekitar lingkungan tersebut terpelihara dengan baik.

Lingkungan yang dikelola dan terawat dengan baik pastinya akan menghasilkan pemandangan alam yang menakjubkan. Selain itu lingkungan yang terjaga juga bisa menjamin kesehatan bagi para penduduknya dan terhindar dari berbagai bencana akibat kerusakan lingkungan.

Untuk itu sudah menjadi kewajiban bagi para pengelola pariwisata agar tetap menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar.

Tetapi tidak hanya para pemangku kepentingan obyek wisata dan masyarakat sekitar saja yang wajib menjaga kelestarian lingkungan, para wisatawan juga wajib menjaga kebersihan lingkungan sekitar obyek wisata tersebut agar kelestarian lingkungan tetap terjaga dengan baik.

Obyek wisata dengan lingkungan yang tertata apik merupakan aset berharga yang bisa kita. Sangat penting juga untuk memperkenalkannya kepada dunia.

Jadikanlah pesona pariwisata Indonesia menjadi destinasi wisata favorit para wisatawan domestik hingga manca negara.

 

Pekerjaan Rumah Bagi Pemerintah Pusat Maupun Daerah

Sudah selayaknya para pejabat pada dinas terkait (pariwisata dan transportasi) baik di pusat maupun daerah mulai berbenah dan saling berkolaborasi dengan baik untuk lebih memajukan dan memperhatikan sektor pariwisata dan transportasi di negeri ini.

Sebagian besar masyarakat sangat membutuhkan obyek wisata yang tertata dan dikelola dengan baik serta ramah lingkungan sehingga masyarakat bisa berlibur dengan rileks, nyaman dan optimal. Namun tidak hanya itu saja, sektor transportasi juga harus diperhatikan dengan baik.

Baik pemerintah pusat maupun daerah harus membuat aturan yang jelas dan ketat seputar transportasi khususnya moda transportasi bus pariwisata.

Selama ini pemerintah menutup mata dan kurang tegas dalam menindak para perusahaan oto bus nakal, dan kurang ketatnya aturan terhadap emisi kendaraan serta usia kendaraan yang layak jalan.

Di luar sana saat ini banyak kita jumpai perusahaan jasa bus pariwisata tidak resmi yang memberikan pelayanan seadanya.

Parahnya lagi mereka menawarkan sejumlah armada bus yang tidak terawat dengan baik. Mereka lebih mengutamakan keuntungan semata ketimbang faktor keselamatan terhadap para penumpangnya.

Inilah saatnya para pejabat khususnya di departemen perhubungan dan transportasi harus menindak tegas para pengusaha nakal tersebut demi kenyamanan dan keselamatan masyarakat saat akan menggunakan bus pariwisata.

Dengan membuat aturan ketat dan cepat tanggap dalam menindak para oknum yang tak bertanggung jawab, maka dunia pariwisata dan transportasi di negeri ini bisa jauh lebih baik dan tentunya masyarakat tidak dirugikan lagi atas ulah dari para pengusaha oto bus abal - abal.  

Satu hal yang harus diperhatikan oleh masyarakat jika ingin pergi berlibur menggunakan bus pariwisata ialah harus cermat dan pintar-pintar dalam memilih perusahaan jasa sewa bus pariwisata.

Pilihlah yang memiliki reputasi baik dan telah berpengalaman minimal 5 tahun. Dan kami adalah alternatif terbaik bagi anda untuk mendapatkan layanan sewa bus bermutu.

Bersama busgracias.co.id perjalanan wisata anda berjalan dengan lancar tanpa menemui kendala apapun.

Tag:
Bagikan: